Skip navigation

Varian dengan kode FZ150 atau terkenal sebagai Yamaha Vixion. Merupakan flagship YMKI di jajaran kelas sport. Coba kita tilik dengan spesifikasi yang powerfull didukung mesin 150 cc, 4 klep system sohc, injeksi,radiator, monoshock, teknologi silinder dari diasil dan penerapan forgedpiston. Sungguh teknologi yang diatas competitor dikelas yang sama.

Namun, tiada gading tak retak. Terutama bagi speed freakkondisi diatas masih kurang memuaskan dahaga pencinta motor berperforma tinggi.Disini saya coba melakukan power tuneup dengan memanfaatkan beberapa komponenyang dicomot dari seri motor Yamaha lain.Berawal dari keluhan salah satu member YnF yang kurang puasdengan akselerasi Vixion tahun rakitan 2008. Mengingat nih motor sudahmenginjak 27.000 km diangka odometer. Tentunya perlu penyegaran dan pengecekan menyeluruh komponen yang mesti mengalami penggantian sesuai buku pegangan pemilik.

Edwin atau sebut saja EH sudah mengaplikasikan pelek dan ban gambot lebar 110 didepan dan 130 dibelakang dengan lebar pelek 2.50 inchdidepan dan 3.50 inch dibelakang. Belum lagi bobot pengendara yang tambun bikin tunggangan bak membopong anak gajah hehe…
Woke tanpa banyak bacot. Nih vixi di “gangbang” xixi. Lepas jok dan shroud kanan-kiri, tidak lupa tangki beserta perangkat injeksi diangkat biar memudahkan inspeksi menyeluruh. Caranya?? Lepas soket-soket kelistrikansensor satu persatu. Hati-hati !! Pastikan kunci kontak dalam posisi off untukmencegah korsleting. Kendurkan 2 baut pemegang intake manifold dan klempengikat belalai saluran udara.Voilaa..tangki pun sukses terangkat. Sediakan beberapa kainperca yang bersih untuk menutup lubang-lubang di ujung throttle body, intakemanifold dan inlet di cylinder block. Mencegah masuknya debu dan kotoran yangtidak diinginkan. Sisihkan ditempat yang bersih untuk sementara.

Fokus kedua sector radiator, buka baut pembuangan yang terletak ditengah cylinder block didekatleher knalpot. Nah tampak coolant warna hijau mulai mengalir, biar terbuangtuntas dan lancar buka tutup radiator. Hati-hati !! Pastikan kondisi mesinsudah dingin. Waspada semburan uap dan melepuhnya tangan. Diiringi melepasbaut-baut pemegang radiator. Termasuk mengendurkan klem pengikat selang dariwater pump dan thermostat. Sukses terlepas, lanjutkan dengan inspeksi bilah-bilah sirip radiator yang bengkok. Kembalikan ke kondisi semula yanglurus dengan mencungkil pelan-pelan menggunakan obeng minus. Lakukan dengan hati-hati. Singkirkan juga kerikil kecil yang kadang suka terselip diantara bilah tersebut. Selesaikan dengan mencuci bersih sisi luar dan dalam.Lebih-lebih dalam musim hujan seperti saat ini. Bikin comberan dan lumpur menutupi radiator. Ingat hal ini bila berlanjut bisa membuat overheating karena proses pendinginan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Untuk bagian dalam radiator tidak perlu dilakukan. Dikhawatirkan akan memicu timbulnya karat. Lho kenapa?? Air mineral / pam / sumur banyak mengandung mineral dari unsur garam-garaman. Biasakan menggunakan YamaCoolant yang sudah teruji. Jangan lupa kuras juga di tangki cadangan air radiator.

Langkah ketiga, merambah sektor filter udara. Buka 4 skrup pemegang tutup airbox. Angkat tutup dan cabut filter udara. Bersihkan bagiandalam airbox dengan kuas dan bensin. Lap sampai kering. Cek kondisi elemenkertas filter udara. Semprot dengan angin kompresor, bila kondisi sudah parahditandai dengan mulai muncul serpihan halus dari elemen kertas, menghitam danlebih-lebih ada yang sobek maka segera ganti baru. Bila kondisi ini dibiarkanbikin cepat aus throttle body, injector, butterfly serta sensor-sensor. Adaalternatif untuk menaikan performa yaitu pakai busa filter vega 2004 harga Rp13.000. Potong elemen kertas di filter udara orisinal vixion. Ambil rumah saringan aja. Bersihkan serta cuci. Potong busa tsb sesuai dengan penampangrumah filter. Posisikan lapisan yang kuning diatas sedangkan lapisan abu-abudibawah. Elemen busa mempunyai pori-pori yang agak renggang namun fungsipenyaringan tetap berfungsi optimal karena terdiri dari 2 lapis.

Nah, sekarang tahap kelima. Setel kerenggangan klep. Bukatutup kecil dan besar di bak magnet. Putar dan intip di lubang kecil. Posisiharus segaris itu menandakan posisi sudah TMA. Buka penutup kepala silinder.Ambil fueller. Kendurkan setelan klep. Masukan fueller sesuai dgn ketebalanacuan yang diinginkan. Berikut komposisi celah klep :

Penekanan di akselerasi (Cocok untuk dalam kota dan medan yang menanjak)Klep masuk : 0.15 mm sedangkan Klep buang : 0.25 mm
Penekanan di putaran tengah (Power dan torsi merata)
Klep masuk : 0.12 mm sedangkan Klep buang : 0.22 mm
Penekanan di kecepatan puncak (Cocok untuk luar kota danjalan bebas hambatan)Klep masuk : 0.08 mm sedangkan Klep buang : 0.20 mm
Tinggal disesuaikan dengan rutinitas mayoritas kondisi medan yang dilalui. Penggunaan variasi yang menambah bobot motor seperti ban danpelek lebar, boks bagasi dan faring. Tentunya perlu celah yang agak renggang untuk kejar torsi optimal sementara pemakaian pelek alumunium dan ban tapak kecil butuh setelan yang agak rapat buat kejar napas mesin atas lebih panjang.

http://yamahandfriends.wordpress.com/2010/05/21/service-vixi-part-1/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: